Sabtu, 23 Juni 2012

5 NEGARA TERMISKIN DI DUNIA

Jika menyebut Afrika, rasanya identik dengan kemiskinan dan ketertinggalan, memang tak bisa dipungkiri, bahwa Afrika negara banyak berkependudukan termiskin dan masih ada di urutan terbawah benua paling miskin sejagad. Sebagai buktinya, 1 dari 5 negara termiskin di dunia, berasal dari benua hitam ini. Berikut daftar 5 negara miskin sedunia urutan berdasar pendapatan perkapita;
  1. Malawi

    Lokasi: Afrika Selatan, Zambia timur
    Populasi: 13.603.181
    PDB per kapita: $ 600 (2006 est)

Dipimpin oleh presiden Kamuzu Banda selama 30 tahun pertama sejak kemerdekaan. Tapi, kemudian pada tahun 1990-an lembaga demokratis memegang kendali, Presiden Banda kalah dalam pemilu pada 1994 dan Bakili Muluzi menggantikan posisinya, namun pemerintahan dibawah Muluzi jauh lebih terbuka, dan menyebabkan Korupsi, kemiskinan dan HIV-AIDS yang tinggi,menghambat perkembangan dan memupuk ketidakpuasan dengan pemerintah baru. Hal ini menyebabkan perekonomian Malawi semakin merosot, Malawi didesak oleh badan-badan keuangan dunia untuk membebaskan ekonomi, yang telah memiliki banyak diprivatisasi negara yang menjalankan korporasi.
Sumber perekonomian Malawi sebagian besar bergantung pada pertanian subsisten, namun situasi pasokan makanan tidak stabil ditambah dengan negara yang rentan terhadap bencana alam. Lebih dari separuh populasi hidup di bawah garis kemiskinan.Bergerak berada di bawah cara untuk mengeksploitasi cadangan uranium untuk meningkatkan penghasilan.

Setiap tahun, puluhan ribu penduduk Malawi meninggal karena AIDS. Sempat dijalankan program untuk mengatasinya di tahun 2004, namun belum ada kemajuan yang berarti.
 
  1. Somalia

    Lokasi: Afrika Timur, berbatasan dengan Teluk Aden dan Samudera Hindia, sebelah timur Ethiopia
    Populasi: 9.118.773
    PDB per kapita: $ 600 (2006 est)
Somalia berdiri pada tahun 1960 ketika dua wilayah bergabung. Wilayah Somalia merupakan protektorat Inggris dan mantan koloni Italia. Sejak berdiri, perkembangannya sangat lambat. Hubungan dengan tetangga telah memburuk akibat klaim teritorial pada daerah yang dihuni Somalia dari Ethiopia, Kenya dan Djibouti.
Pada tahun 1970 Barre memproklamasikan negara sosialis, membuka jalan bagi hubungan erat dengan Uni Soviet. Pada tahun 1991 Presiden Barre digulingkan dengan melawan klan. Tapi mereka gagal menyepakati pengganti dan menjerumuskan negara ke dalam hukum dan perang suku. Pemberontakan dan pembajakan marak, menyebabkan jumlah kematian yang tinggi, akibat kelaparan dan peperangan.
Dalam perkembangannya, Somalia disebut sebagai;
·         Tempat krisis kemanusiaan terburuk Afrika: kelaparan dan kematian tinggi.
·         Tidak ada pemerintah yang efektif sejak tahun 1991.
·         Milisi Islam dan PBB yang didukung pemerintahan transisi bersaing untuk kontrol Negara.
·         Negara memproklamirkan diri Somaliland dan Puntland wilayah menjalankan urusan mereka sendiri


  1. Comoros

    Lokasi: Afrika Selatan, sekelompok pulau di mulut utara SelatMozambik, sekitar dua-pertiga dari jalan antara utara Madagaskardan utara Mozambik
    Populasi: 711.417 (Juli 2007 est)
    PDB per kapita: $ 600 (2005 est)
Saat ini, Comoros terancam di ambang disintegrasi. Dikarenakan sebuah sejarah kekerasan politik yang menyebabkan Comoros sangat miskin. Politiknya diwarnai dengan kudeta, konflik dan pemberontakan.
Comoros adalah salah satu Negara termiskin di Afrika dan sangat bergantung pada bantuan asing. Comoros sangat bergantung pada bantuan dan pengiriman uang dari diaspora. Sumber daya alam dalam pasokan ekspor hanya ada vanili, cengkeh dan esensi parfum - yang rentan terhadap fluktuasi harga. .Penduduk Comoros terdiri dari keturunan pedagang Arab, Melayu juga masyarakat imigran Afrika
  1. Kepulauan Solomon
    Lokasi: Oseania, kelompok pulau di Samudra Pasifik Selatan, timur Papua Nugini
    Populasi: 566.842 (Juli 2007 est)
    PDB per kapita: $ 600 (2005 est)
Menurut Bank Dunia, Kepulauan Solomon, salah satu negara Pasifik termiskin, telah dipengaruhi oleh makanan global yang berturut-turut, bahan bakar dan krisis keuangan dan pada tahun 2009, dengan penurunan ekspor log dan penurunan besar dalam harga komoditas internasional, pertumbuhan turun menjadi hanya 1 persen. Perang sipil membuat negara ini hampir bangkrut.

Harapan ekonomi mulai bangkit kembali sejak produksi minyak sawit dan pertambangan emas. Namun dikhawatirkan akan keamanannya, sejak Kepulauan Solomon dilanda konflik pada 1998-2003. Untuk itu Australia memimpin sebuah misi yang bertujuan untuk memastikan keamanan dan berusaha menjaga perekonomian.
 
  1. Kongo
    Lokasi: Afrika Tengah, timur laut Angola
    Populasi: 65.751.512
    PDB per kapita: $ 700 (2006 est)
Sekitar 70% dari 3,6 juta penduduk negara yang kaya minyak ini masih hidup di bawah garis kemiskinan walaupun perdamaian telah dirasakan sejak 7 tahun silam. Hingga 1992, Kongo dikuasai satu partai namun sistim multi-partai pun ditandai dengan bangkitnya para milisi bersenjata yang menjerumuskan negeri itu ke dalam pusaran perang saudara. Kongo merupakan negara produsen minyak keempat atau kelima terbesar di sub-sahara Afrika. Kongo yang pernah dicap berbagai lembaga keuangan internasional sebagai salah satu negara penghutang terbesar dunia itu kini menerima manfaat dari program Inisiatif Negara-Negara Miskin Penghutang Terbesar (HIPCI). Kelompok-kelompok hak azasi manusia dunia mendorong Pemerintah untuk memperbaiki kesejahteraan rakyatnya, sampai pada pelayanan kesehatan yang baik

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar