Jumat, 12 November 2010

arsitektur komputer

Definisi arsitektur komputer
arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.

Arsitektur komputer juga dapat kita definisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya. 

(IOS) SISTEM ANTAR ORGANISASI

Pengertian IOS
Suatu IOS (Interorganizational System/Sistem Antar-Organisasi), kadang-kadang disebut juga system informasi antar-organisasi, adalah suatu kombinasi semua perusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai suatu system tunggal; mereka semua bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama yang di inginkan. Perusahaan-perusahaan yang membentuk IOS disebut mitra dagang atau mitra bisnis.


Manfaat IOS
Manfaat IOS terbagi kedalam dua kategori yaitu efisiensi komparatif dan dalam kekuatan tawar-menawar.
1. Efisiensi Komparatif : Dengan bergabung Dalam IOS, para mitra dagang dapat menyediakan barang dan jasa mereka dengan biaya yang lebih murah (harga asli) dari pada pesaing mereka
2. Kekuatan Tawar-menawar : Kemampuan sutu perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan dengan pemasok dan pelanggannya yang menguntungkan dirinya disebut kekuatan tawar menawar (bargaining power). Kekuatan itu berasal dari tiga metode dasar dengan menawarkan keistimewaan produk yang unik, dengan mengurangi biaya yang berhubungan dengan pencarian, dan dengan meningkatkan biaya peralihan .

- Keistimewaan Produk yang unik : hubungan elektronik IOS memungkinkan perusahaan menawarkan pelayanan yang lebih baik bagi pelanggan dalam bentuk pesanan yang lebih rendah, yang lebih cepat, dan waktu respon atas permintaan informasi yang lebih cepat
- Penurunan biaya yang berhubungan dengan pencarian : dengan menjadi bagian suatu IOS, perusahaan dapat mengurangi biaya-biaya berbelanja yang dialami pelanggannya dalam mencari pemasok.

PROTOTYPING

PENGERTIAN
Prototyping adalah proses membangun model dari suatu sistem. Dalam hal sistem informasi, prototipe dipekerjakan untuk membantu desaginer sistem membangun suatu sistem informasi yang intuitif dan mudah untuk memanipulasi bagi pengguna akhir. Prototyping merupakan proses iteratif yang merupakan bagian dari tahap analisis dari siklus hidup pengembangan sistem .
Prototyping dapat meningkatkan proses ini karena dapat mengubah spesifikasi dasar, namun kadang-kadang berwujud, menjadi model kerja nyata namun terbatas dari sistem informasi yang diinginkan.Umpan balik pengguna yang diperoleh dari mengembangkan sistem fisik yang pengguna dapat menyentuh dan melihat memfasilitasi respons evaluatif bahwa analis dapat mempekerjakan untuk memodifikasi persyaratan yang ada serta mengembangkan yang sangat baru.

Beberapa Keuntungan dari Prototyping:
  1. Mengurangi waktu pengembangan.
  2. Mengurangi biaya pengembangan.
  3. Membutuhkan keterlibatan semua pengguna.
  4. Pengembang menerima umpan balik pengguna terukur.
  5. Memfasilitasi implementasi sistem karena pengguna tahu apa yang diharapkan.
  6. Hasil di kepuasan pengguna yang lebih tinggi.
  7. Menghadapkan para pengembang untuk potensi perangkat tambahan sistem yang akan datang. 
Beberapa Kerugian dari Prototyping:
  1. Dapat menyebabkan analisis cukup.
  2. Pengguna mengharapkan kinerja sistem utama untuk menjadi sama dengan prototipe.
  3. Pengembang dapat menjadi terlalu melekat pada prototipe mereka
  4. Dapat menyebabkan sistem menjadi kiri belum selesai dan / atau diterapkan sebelum mereka siap.
  5. Kadang-kadang mengarah ke dokumentasi lengkap.

PENYIMPANAN SEKUNDER

Ada dua jenis penyimpanan sekunder yang utama adalah berurutan dan akses langsung. :
1.Penyimpanan Berurutan (SASD)
2.Penyimpanan Akses Langsung (DASD)

Penyimpanan Berurutan (SASD)
Penyimpanan berurutan (sequential storage) adalah suatu organisasi atau penyusunan data di suatu medium penyimpanan yang terdiri dari satu catatan mengikuti satu catatan lain ke urutan tertentu. Misalnya, catatan pegawai disusun dalam urutan nomor pegawai. Bila sistem penyimpanannya berurutan yang digunakan, data - - - pertama harus diproses pertama,
kedua diproses kedua, dan seterusnya sampai akhir file itu tercapai. Sebagian media penyimpanan komputer hanya dapat memproses data yang disusun secara berurutan. Pita magnetik adalah contohnya. 

Penyimpanan Akses Langsung (DASD)
Penyimpanan akses langsung (direct access storage) adalah suatu cara mengorganisasikan data yang memungkinkan semua catatan ditulis dan dibaca tanpa pencarian secara berurutan atau secara acak. Unit perangkat keras yang memungkinkan hal ini disebut direct accsess storage divice (DASD). DASD memiliki mekanisme membaca dan menulis yang dapat diarahkan ke lokasi manapun dalam medium penyimpanan. Walau beberapa teknologi DASD telah dibuat, yang paling populer adalah piringan magnetic 

pemrosesan data

Pemrosesan Data
Terdapat dua cara untuk mengolah data, pengolahan batch dan pengolahan online. Pengolaha batch mencakup pengumpulan semua transaksi dan pemrosesan sekaligus jadi tidak terlalu lama , dalam batch. Pengolahan online mencakup pengolahan transaksi satu persatu(step by step), kadang pada saat transaksi itu terjadi transaksi itu. Karena pengolahan online berorientasi transaksi, istilah pemrosesan transaksi sangat sering digunakan.

1.Pemrosesan Batch
Tujuan dari sistem ini adalah memperbarui tiga file master,
- persediaan,
- piutang,
- analisis penjualan.
Perusahaan biasanya memperbarui file batch mereka secara harian,(siklus harian). Kelemahan utama pengolahan batch adalah kenyataan bahwa file baru menjadi mutakhir setelah dilakukan siklus harian. Ini berarti manajemen tidak selalu memiliki informasi paling mutakhir yang menggambarkan sistem fisik atau nyata.



2.Pemrosesan online
Pemrosesan online sudah dikembangkan sekarang ini untuk mengatasi masalah file yang ketinggalan jaman. Terobosan teknologi tersebut  yang sangat memungkinkan pengolahan online adalah penyimpanan piringan magnetik. Setiap transaksi diproses pada semua file master yang berkaitan sementara data transaksi berada dalam penyimpanan primer. Catatan persediaan yang sesuai dibaca dalam penyimpanan primer, diperbarui dengan data transaksi, kemudian ditulis kembali pada DASD. Kemudian catatan piutang diperbarui dengan cara yang sama, dilanjutkan dengan catatan analisis penjualan. Ketiga file DASD tersebut diperbarui sebelum transaksi selanjutnya dimasukkan.

3.Sistem Realtime
Istilah realtime sering digunakan berhubungan dengan suatu sistem komputer. System realtime adalah suatu sistem yang mengendalikan sistem fisik. Sistem ini mengharuskan komputer merespons dengan cepat pada status sistem fisik jadi tidak banyak memakan waktu harus merespons . Sistem realtime adalah bentuk khusus dari sistem online. Sistem online menyediakan sumber daya konseptual yang paling mutakhir sekarang ini , dan sistem realtime dapat memperluas kemampuan tersebut dengan menggunakan sumber daya konseptual untuk menentukan operasi dari sistem fisik tersebut.

HIRARKI DATA

Hirarki Data
Perusahaan secara tradisional mengorganisasikan semua data mereka dalam suatu hirarki yang terdiri dari
- elemen
- catatan (record),
- file.
a.Elemen data (data element) adalah unit dari data terkecil, yang tidak dapat dibagi lagi untuk menjadi unit yang   sangat berarti.
b.Satu tingkat hirarki yang lebih atas adalah catatan. Satu catatan (record) terdiri dari sebuah elemen data yang berhubungan dengan suatu objek atau kegiatan tertentu.

Karena itu, hirarki data tradisional adalah :
a.File
b.Catatan
c.Elemen data

File adalah tingkat tertinggi dan elemen data adalah tingkat terendah.

Senin, 01 November 2010

indonesia menangis

            akhir akhir ini tanah air tercinta kita sedang di landa bencana terutama di yogyakarta terjadinnya gunung meletus dan di susul kembali terjadinnya sunami di mentawai tidak lama kemudian di susul kembali banjir bandang di wasior papua barat dan tidak lupa ibukota kita juga sedang di landa bencana yaitu banjir di ibu kota jakarta .

            apakah tanda tanda dunia kita sudah mulai tua atau kah teguran untuk kita semua yang berda di dunia ini oleh karna itu kita sebagai mahluk tuhan agar untuk menjaga alam kita sendiri
supaya tidak terkena bencana seperti sekarang ini dan jgn lupa untuk berdoa kepada yang maha kuasa.