Selasa, 26 Oktober 2010

CONTOH PERUSAHAAN / BISNIS YANG MEMAKAI JASA E - COMMERCE

Achmad jainudin (31109239)
Muhammad aditya suryakusuma (33109640)

DEFINISI E-COMMERCE
Pada masa sekarang ini ada perusahaan yang sudah memakai jasa e- commerce dimana pada masa ini teknologi tersebut sudah semakin berkembang . di masa ini orang - orang dapat melakukan sesuatu dengan instan. Contohnya adalah E-Commerce.

E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data secara otomatis.
dan tidak hanya itu saja


SEJARAH AWAL E-COMMERS
E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.
Dalam banyak kasus yang ada . sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan lama tidak hanya cuma mengandalkan kekuatan produk dari jasa e-commers saja, tapi dengan adanya sebuah tim manajemen yang handal dan menagandalkan kepintaran masing masing , pengiriman yang tepat waktu, pelayanan sangat bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan terpenuhi , desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:
1. Menyediakan harga yang sangat kompetitif
2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, ramah.,dan tidak bertele tele
3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, diskon ,doorprize
5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7. Mempermudah kegiatan perdagangan
e-commers

 CONTOH PERUSAHAAN / BISNIS BERBASIS E-COMMERCE
Banyak toko - toko online bermunculan di internet, salah satunya ialah Forum Jual Beli yang dibuat oleh BLOOP ENDORSE.COM disana menjual berbagai pakaian,acsessoris,dan lain lain

MEKANISME PELAYANAN
Mekanisme dalam berjualan dimana seseorang harus masukan alamat email dan pasword email masing
masing.Setelah berhasil, kita dapat memesan barang yang kita mau.

MEKANISME PEMBAYARAN
Biasanya toko itu akan menyediakan rekening, mekanismenya seperti ini :
- Pertama jika kita berniat untuk membeli barang yang akan kita inginkan , kita dapat menyampaikannya ke penjual dengan cara sms (biasanya penjual mencantumkan nomor telepon), e-mail atau komentar pada web tersebut.
  
- Kedua kita akan diminta utnuk mentransfer sejumlah uang yg tertera pada penjual, setelah ditransfer kiat diharuskan mengkonfirmasinya. 

KELEMAHANNYA
Seperti kebanyakan toko online lainnya, kelemahannya ialah maraknya penipuan .seperti memberi nomor rekening palsu atau produk tidak diantar.Dengan adanya jasa pelayanan E-Commerce, seseorang tidak perlu repot  pergi jauh jauh ke toko untuk membeli sebuah barang yang akan kita ingin kan , tapi dengn adanya E-Commerce, kita hanya perlu duduk manis dan melihat - lihat produk yang dipasarkan di Internet.  
  

Selasa, 05 Oktober 2010

kasus sistem informasi manajemen pada penjualan dan penerimaan kas

        sistem informasi penjualan dan penerimaan kas sangat memiliki arti penting bagi perusahaan.maka perusahaan sangat membutuhkan sistem informasi manajemen dalam penjualan dan penerimaan kas.
dalam mengimplementasikan sistem informasi pada penjualan dan penerimaan kas tersebut harus adanya tolok ukur untuk mencegah terjadinya manipulasi kas perusahaan tersebut.untuk sistem informasi penjulan dan penerimaan kas bagian bagian ini yang harus kita perhatikan dalam penjualan dan penerimaan kas.
supaya dilakukan secara efektif dan efesien.
1. pembagian debet dan kredit dalam kas
2.bagian penagihan
3.bagian pembukuan dalam buku kas

         dengan menerapkan bagian bagian sistem informasi manajemen diatas di harapkan dapat memberikan perihal yang baik dalam perusahaan penjualan dan penerimaan kas supaya di jadikan dasar pengambilan keputusan baik pihak internal atau pun eksternal perusahaan

Minggu, 03 Oktober 2010

mencari kasus yang berkaitan dengan sistem manajemen informasi

tugas manajemen informasi
                    KASUS PENCURIAN DI LION AIR MERESAHKAN PENUMPANG
Banyaknya kasus kehilangan barang penumpang di maskapai penerbangan Lion Air ternyata sudah sering terjadi di Bandara Polonia Medan.Sayangnya penyelesaian kasus-kasus itu selalu mentok tak pernah tuntas.
"Permasalahan kecurian di maskapai Lion Air bukan terjadi sekali saja. Tapi ironisnya barangnya hilang dari Bagasi Lion Air tapi sampai sekarang kasusnya tidak jelas sampai dimana. Saya heran saja melihat pelayanan maskapai yang satu ini"
maskapai penerbangan  juga mencium ada praktik kolaborasi tersusun rapi yang dilakoni oknum petugas maskapai untuk "menjarah" barang penumpang
pemecah masalah nya adalah Untuk itu pimpinan Lion Air pusat maupun di Medan dapat memahami kondisi itu. "Artinya jangan hanya mau dimengerti tapi harus bisa mengerti perasaan penumpang, dalam hal ini pimpinan Lion Air Medan harus bertanggung jawab